x
BREAKING NEWS

Minggu, 30 Oktober 2016

Nenda Ruswana: Pesantren Weekend Siapkan Santri Mandiri

Kegiatan pesantren weekend di masjid Manhaj Thulab Manisi, Cibiru, Bandung

Dakwahpos.com, Bandung- Pesantren weekend merupakan salah satu kegiatan keagamaan pesantren mahasiswa mandiri yang biasa diselenggarakan di masjid Manhaj Thulab hari Sabtu dan Ahad, dengan tujuan utamanya membentuk kemandirian.

Santri siap mandiri dalam tiga hal, hal ini dijelaskan oleh Nenda Ruswana, salah satu santri sekaligus mahasiswa UIN Sunan Gung Djati Bandung, yang ikut serta dalam kegiatan pesantren
ini.

"Mandiri di sini mencakup tiga hal, yaitu mandiri spiritul, finansial, dan mental. Spiritual berdasarkan ilmu-ilmu yang dikaji, sedangkan secara finansial kita diajarkan untuk berwirausaha, kemudian secara mental ada pelatihan untuk menjadi trainer. Dengan adanya pesantren weekend, santri pun dituntut siap mandiri," ucap Nenda santri asal Indramayu ini, Kamis (27/10/2016).

Selain itu, menurut Nenda, kemandirian adalah hal terpenting, ini adalah langkah pertama untuk sukses sebelum lulus kuliah. Kemudian, para santri termotivasi dengan ilmu-ilmu yang didapatkan dan tergugah untuk lebih mandiri kedepannya. Setelah berjalannya pesantren weekend, banyak santri yang masih duduk di bangku kuliah namun ia sudah mandiri terutama secara finansial. Dengan membentuk tim, sehingga bisa saling berkarya satu sama lain.

Reporter : Mahmudah, KPI/3B

Bagikan

10 komentar :

  1. semoga info-info yang anda kirim.bermanfaat untuk yang lain ... aammmiiinnn ..

    BalasHapus
  2. inspiratif sekali teh banyak kegiatan positif yg di share 😁

    BalasHapus
  3. Coba contennya diperbanyak.. dan juga materi2 yg menarik bagi masyarakat awam

    BalasHapus
  4. selain sebagai tempat beribadah.. masjid juga merupakan pusat kehidupan umat muslim.. seperti halnya kegiatan pesantren weekend ini.. kegiatan ini sangat bermanfaat sekali.. (y)

    BalasHapus
  5. Berita yang menarik, hanya saja sebagai orang awam, saya merasa kurang puas dengan isinya. Saya ingin tahu bagaimana proses menuju tiga kemandirian itu?! Tapi jika ini untuk mempersuasi, saya rasa berita ini sudah berhasil membuat saya penasaran "bagaimana jalannya kegiatan ini."

    BalasHapus
  6. Isinya sangat menarik, kita khususnya sebagai santri harus belajar mandiri dikarenakan untuk bekal kita nanti kelak

    BalasHapus
  7. semoga kegiatannya bermanfaat, saya pikir 3 kemandirian itu punya penerapan yang berbeda tiap2 Individu. Jd cukup jelas penjelasannya, good job Mahmudah

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Info yang sangat bermanfaat bagi para santri :)

    BalasHapus

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio