x
BREAKING NEWS

Rabu, 19 Oktober 2016

Masjid Jami Al-Khairat Berawal dari Mushola

 
Masjid Jami Al-Khairat

Dakwahpos.com, Bandung- Masjid Jamie Alkhairat merupakan satu-saatunya masjid jamie di RT5 RW 13. Masjid yang didirikan tahun 1994 ini pada mulanya bukan masjid Jamie untuk shalat Jum’at. tetapi hanya mushola yang dibangun oleh masyarakat sekitar untuk melakukan kegiatan solat berjamaah dan kegiatan keagamaan lainya.

“Masjid ini awalnya hanya dipakai sebagai mushhala saja, tetapi karena di lingkungan ini tidak ada masjid Jamie, akhirnya warga RW 13 membuat masjid ini sebagai masjid utama untuk melaksakan solat jumat, tetapi jauh hari sebelum itu masjid ini juga sudah terdaftar di DEPAG” papar Taum, Ketua DKM saat di wawancarai, Minggu (2/10/2016).

Taum mengungkapkan bahwasa pada hari Jumat, di masjid yang ukuranya hanya 10x8 M ini sering dijumpai oleh banyak orang yang khnendak melaksanakan solat jum’at, baik warga sekitar ataupun mahasiswa UIN Bandung yang tinggal di daerah cipadung sangat antusias. Sehingga melebihi kapasitas dari masjid Al-khairat sampai adapula jemaah yang rela solat jum’at di pelataran mesjid.

Mesjid ini juga sempat mengalami renovasi dengan dana dari swadaya masyarakat seadanya  tanpa ada campur tangan pemerintah sedikitpun. ”sampai sekarangpun bantuan dari pemerintah belum ada yang masuk” kata Taum. Mesjid ini juga mengandalkan kencleng yang di kelilingkan pada saat solat jum’at berlangsung, yang mana uangnya digunakan untuk berbagai keperluan masjid seperti membayar tagihan listrik , membeli peralatan masjid dan lain-lain.

Mesjid Al-Khairat juga sering mengadakan kegitan rutinan seperti pengajian ibu-ibu di hari minggu, yasinan  setiap kamis malam, serta pengajian anak-anak warga sekitar setiap ba’da magrib. Selain itu Dalam hal memperingati hari-hari besar islam, masjid ini juga tidak pernah ketinggalan untuk ikut andil dalam meryakan hari besar islam. “seperti halnya kemarin dalam rangka menyambut tahun baru hijriyah pengurus dan dkm mengadakan pengajian bersama”  pungkasnya.

Reporter: Pupung Purkonudin, KPI/3C

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project