x
BREAKING NEWS

Minggu, 23 Oktober 2016

Masjid Al-Istiqomah Dorong Jamaah Lebih Taat Beribadah

Jamaah Masjid Al- Istiqomah sedang melaksanakan shalat berjamaah

Dakwahpos.com, Bandung - Sudah bukan menjadi rahasia umum masjid tempat untuk melaksanakan ibadah umat muslim. Tetapi kali ini berbeda masjid Al-Istiqomah ini tak hanya berfungsi untuk melaksanakan ibadah saja melainkan sekaligus tempat untuk mengajarkan masyarakatnya taat dan disiplin dalam melaksanakan ibadah.

Masjid yang terletak di Jalan haji Idris RT 01 Rw 05 Kelurahan Mekarmulya Kecamatan Panyileukan ini memiliki perbedaan dengan masjid-masjid lainnya. Shalat Jum'at yang dilaksanakan di masjid ini selalu ada shalat qobliyah terlebih dahulu dan adzan dikumandangkan sebanyak dua kali

Mayoritas jama'ah shalat jum'at ini yaitu karyawan pabrik di sekitar masjid tersebut beserta masyarakatnya. Karena persoalan itulah para pengurus masjid menyiasatinya dengan membuat aturan yang telah disepakati bersama.

"Jadi biasanya pas sebelum  waktunya adzan dikasih pemberitahuan kalau shalat Jumat akan segera dimulai lewat mimbar kan kebanyakan mereka istirahat jam 11 nah harus pulang dulu persiapan dulu, "  ucap Iskandar Dahlan, Ketua DKM Al-Istiqomah,Kamis (13/10/2016).

Tak jauh berbeda dengan pelaksanaan shalat Jumat, pelaksanaan shalat Tarawih di masjid ini juga mempunyai cara atau aturan tersendiri dalam pelaksanaannya. Shalat tarawih di sini berjumlah 23 rakaat, kemudian setelah shalat Isya diadakan kultum yang pemimpinnya telah dijadwal terlebih dahulu.

Dimulainya shalat tarawih di masjid ini ditandai dengan berbunyinya jam otomatis yang telah diset berdasarkan waktu yang semestinya dimulai

"Kita udah atur 10 menit sebelum adzan jadi nanti bunyi sendiri, selanjutnya pas waktunya adzan juga bakalan bunyi lagi, selanjutnya di waktu qomat juga bunyi sendiri, udah di program. Tapi sebenernya kita gak harus ikutin itu juga, kita juga melihat situasi terlebih dahulu. " ujar Iskandar.

Meskipun memiliki aturan tersendiri dalam hal pelaksanaan ibadah, masyarakat sekitar masjid tidak masalah dengan hal tersebut, karena itu juga membantu mereka untuk lebih taat terhadap waktu ibadah yang telah ditentukan.

Reporter : Ayu Kania, KPI/3A

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project