Komunikasi, Budaya, dan Agama

Perkembangan mutakhir ilmu komunikasi telah merambah ke berbagai dimensi kehidupan kita, mulai dari dimensi politik, ekonomi, social, budaya, dan agama. Dimensi politik melahirkan komunikasi politik dan komunikasi internasional; dimensi ekonomi melahirkan komunikasi bisnis; dimensi budaya melahirkan komunikasi antarbudaya dan komunikasi antarperadaban; dimensi agama melahirkan komunikasi antaragama, komunikasi Islami, dan komunikasi transcendental.

Komunikasi transcendental merupakan istilah baru dalam komunikasi yang belum banyak dikaji oleh para pakar komunikasi karena sifatnya abstrak dan transenden. Komunikasi transcendental adalah komunikasi yang berlangsung antara diri kita dengan sesuatu yang gaib, bisa Tuhan-Allah, malaikat, jit atau iblis. Untuk memahami komunikasi transcendental secara alamiah dapat ditelusuri lewat filsafat Islami.

Sama halnya dengan komunikasi transcendental, komunikasi antarperadaban merupakan terminology kontemporer yang belum banyak dikaji dan kurang mendapat perhatian dari berbagai kalangan, baik para ilmuwan komunikasi maupun praktisi komunikasi. Komunikasi antarperadaban sangat penting untuk menciptakan dunia yang damai, harmonis, dan sejahtera.

Buku ini memfokuskan diri pada kajian komunikasi dalam perspektif agama dan budaya, yang meliputi, antara lain: etika komunikasi dalam Islam, prinsip-prinsip komunikasi menurut Al-Quran, komunikasi transcendental dari perspektif filsafat Islam, komunikasi peradaban dari perspektif agama, dan komunikasi antarbudaya dari perspektif teori interaksi simbolik.

Buku ini akan sangat bermanfaat bagi para mahasiswa Jurusan Jurnalistik, Hubungan Masyarakat (PR), Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, serta bagi siapa saja yang memiliki minat terhadap ilmu komunikasi dan perkembangannya.



KAPITA SELEKTA KOMUNIKASI, PENDEKATAN BUDAYA DAN AGAMA
Drs. Ujang Saefullah, M.Si
Pengantar : Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D

Cetakan I, 2007; Cetakan II, 2013
ISBN : 979-3782-33-1
16 x 24 cm, 256Halaman
Isi : HVS 70 gram, B/W ;
Sampul : AC 210 gram
Penjilidan : Perfect Binding
Harga : Rp. 53.000

Sumber : http://promosimbiosa.blogspot.co.id/2011/05/kapita-selekta-komunikasi.html

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023