Bachrun Rifa’i: Mahasiswa UIN Bandung Pilih Masjid Tempat Belajar




Beberapa mahasiswa terlihat melakukan aktivitas di teras masjid Iqomah UIN Bandung, Rabu (28/09/2016)


Dakwahpos.com, Bandung- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) UIN SGD Bandung Bachrun Rifa’i  memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada mahasiswa UIN bandung untuk memanfaatkan masjid Iqomah sebagai sarana untuk belajar.

Dalam menggunakan masjid Iqomah untuk belajarpun tidak ada batasan,” mahasiswa bebas menggunakan masjid selama 24 jam tetapi kan ada juga peraturan dari rektor agar di jam sekian mahasiswa sudah tidak boleh berkeliaran didalam kampus,” kata Bachrun Rifa’i saat ditemui dakwahpos di ruang kerjanya, Rabu (28/09/2016).

Menskipun belajar di masjid Iqomah ini tidak menjamin keefektifaannya, nemun dapat dikatakan bahwa kebanyakan mahasiswa memilih masjid Iqomah ini sebagai tempat  untuk belajar.

“Mahasiswa lebih memilih masjid sebagai tempat belajar karena selain suasana masjid yang mendukung juga dikarenakan kurangnya sarana ruang untuk belajar mahasiswa di kampus dalam artian di kampus masih belum ada ruangan khusus untuk belajar,” Ujar Bachrun

Meskipun begitu, dia juga berharap agar ketika mahasiswa memakai masjid untuk belajar, mereka juga tidak lupa waktu sholat, “Ya diimbangi lah antara sholat dan belajar, karena ada sebagian mahasiswa yang hanya menjadikan masjid sebagai singgahan untuk bejarar semata yang ketika sudah masuk waktu sholat malah pergi,” Lanjut Bachrun.
 
“Kebanyakan mahasiswa suka lupa waktu sholat ketika sudah asik berdiskusi didalam masjid. Maka dari itu kita dari DKM selalu mengingatkan agar semua mahasiswa meninggalkan semua aktifitasnya ketika telah masuk waktu sholat” Lanjut Bachrun Rifa’i

Berdasarkan pantauan dakwahpos kebanyakan mahasiswa yang belajar di masjid berlalu lalang menjadikan ketika ada orang yang mau berjalan menjadi susah karena jalan terpenuhi oleh mahasiswa yang sedang belajar maupun berdiskusi.

”Mungkin tidak terlalu efektif ketika belajar dimasjid karena terlalu banyak orang, tapi mau bagaimana lagi tidak adanya ruangan khusus yang tersedia di kampus,” ucap  cicik, salah satu satu mahasiswa UIN Bandung jurusan pendidikan matematika ketika ditemui  dakwahpos  di teras masjid, Rabu (28/09/2016).

Dia mengungkapkan bahwa dengan belajar di masjid akan lebih mengingatkan dirinya untuk sholat tepat waktu.


Reporter : Fitri Febrianti, KPI/3B

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023