x
BREAKING NEWS

Sabtu, 15 Oktober 2016

Bachrun Rifa’i: Mahasiswa UIN Bandung Pilih Masjid Tempat Belajar




Beberapa mahasiswa terlihat melakukan aktivitas di teras masjid Iqomah UIN Bandung, Rabu (28/09/2016)


Dakwahpos.com, Bandung- Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) UIN SGD Bandung Bachrun Rifa’i  memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada mahasiswa UIN bandung untuk memanfaatkan masjid Iqomah sebagai sarana untuk belajar.

Dalam menggunakan masjid Iqomah untuk belajarpun tidak ada batasan,” mahasiswa bebas menggunakan masjid selama 24 jam tetapi kan ada juga peraturan dari rektor agar di jam sekian mahasiswa sudah tidak boleh berkeliaran didalam kampus,” kata Bachrun Rifa’i saat ditemui dakwahpos di ruang kerjanya, Rabu (28/09/2016).

Menskipun belajar di masjid Iqomah ini tidak menjamin keefektifaannya, nemun dapat dikatakan bahwa kebanyakan mahasiswa memilih masjid Iqomah ini sebagai tempat  untuk belajar.

“Mahasiswa lebih memilih masjid sebagai tempat belajar karena selain suasana masjid yang mendukung juga dikarenakan kurangnya sarana ruang untuk belajar mahasiswa di kampus dalam artian di kampus masih belum ada ruangan khusus untuk belajar,” Ujar Bachrun

Meskipun begitu, dia juga berharap agar ketika mahasiswa memakai masjid untuk belajar, mereka juga tidak lupa waktu sholat, “Ya diimbangi lah antara sholat dan belajar, karena ada sebagian mahasiswa yang hanya menjadikan masjid sebagai singgahan untuk bejarar semata yang ketika sudah masuk waktu sholat malah pergi,” Lanjut Bachrun.
 
“Kebanyakan mahasiswa suka lupa waktu sholat ketika sudah asik berdiskusi didalam masjid. Maka dari itu kita dari DKM selalu mengingatkan agar semua mahasiswa meninggalkan semua aktifitasnya ketika telah masuk waktu sholat” Lanjut Bachrun Rifa’i

Berdasarkan pantauan dakwahpos kebanyakan mahasiswa yang belajar di masjid berlalu lalang menjadikan ketika ada orang yang mau berjalan menjadi susah karena jalan terpenuhi oleh mahasiswa yang sedang belajar maupun berdiskusi.

”Mungkin tidak terlalu efektif ketika belajar dimasjid karena terlalu banyak orang, tapi mau bagaimana lagi tidak adanya ruangan khusus yang tersedia di kampus,” ucap  cicik, salah satu satu mahasiswa UIN Bandung jurusan pendidikan matematika ketika ditemui  dakwahpos  di teras masjid, Rabu (28/09/2016).

Dia mengungkapkan bahwa dengan belajar di masjid akan lebih mengingatkan dirinya untuk sholat tepat waktu.


Reporter : Fitri Febrianti, KPI/3B

Bagikan

12 komentar :

  1. Bagus, lain kali di cek lagi yaa. Biar salah ketiknya teratasi..oke oke

    BalasHapus
  2. Bagus, lain kali di cek lagi yaa. Biar salah ketiknya teratasi..oke oke

    BalasHapus
  3. Semoga kedepannya uin bdg punya ruangan tersendiri khusus untuk belajar mahasiswa

    BalasHapus
  4. Semoga kedepannya uin bdg punya ruangan tersendiri khusus untuk belajar mahasiswa

    BalasHapus
  5. tulisan yang typo harusnya lebih diperhatiin lagi yah, di tunggu berita selanjutnya nuhun

    BalasHapus
  6. Semoga fasilitas belajar Mahasiswa UIN Bandung ke depannya bisa bertambah demi kenyamanan mahasiswanya juga. Semangat

    BalasHapus
  7. Peran Masjid hari ini memang bukan hanya sebagai tempat Ibadah ritual saja. Masjid Iqomah pun kini menjadi multifungsi tidak hanya sebagai sarana belajar, seperti yang dikatakan penulis berita; sekarang masjid digunakan oleh mahasiswa khususnya sebagai sarana berkumpul organisasi, istirahat, tidur, nongkrong, bahkan sebagian yang lain mencari penghasilan disana(dagang). Apapun kegiatannya asal bernilai positif dan memakmurkan masjid saya rasa tak masalah.

    BalasHapus
  8. Bagus... karena belajar bukan hanya di kelas saja, ramaikan masjid dengan kegiatan yang bermanfaat yang dapat mengundang ridha-Nya Allah..

    BalasHapus
  9. Peran masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah, juga sebagai sarana untuk menuntut ilmu baik melalui diskusi, majlis ta'lim, dan kegiatan lainnya. Semangat

    BalasHapus
  10. memang bagus masjid dipakai untuk belajar, tapi sebaiknya pak Bachrun Rifa'i memperhatikan mahasiswa yang terlalu mementingkan tugasnya. karena masih ada sebagian mahasiswa ketika waktu shalat mereka masih berdiskusi di selasar masjid. terutama untuk laki-laki. Dan untuk perempuan yang sedang haid yang berada di selasar masjid untuk tidak berisik ketika sedang shalat.

    BalasHapus
  11. Meskipun masjid digunakan sebagai tempat belajar diharapkan bagi pengguna tidak menyampingkan apa fungsi utama dari masjid. Semoga kampus UIN Bandung bisa menambah fasilitas untuk ruang belajar bagi mahasiswa nya.

    BalasHapus
  12. uin bdg memang harus lebih diperhatikan d mata pemerintah

    BalasHapus

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Incsomnia Project