x
BREAKING NEWS

Kamis, 18 Agustus 2016

Barongsai dan Karnaval Ramaikan Perayaan HUT Ke-71 RI di Sekeloa



Dakwahpos.com-BANDUNG—Ribuan warga antusias mengikuti serangkain acara barongsai dan karnaval di Kelurahan Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Rabu (17/8). Tidak hanya warga Sekeloa saja, masyarakat lainpun turut menyaksikan demi memeriahkan dan  menyambut HUT RI ke-71.

Diiringi dengan alunan musik yang khas dengan hentakan bedugnya, para pemain barongsai ini nampak lincah sehingga warga yang melihatnya merasa terhibur dan bersorak saat barongsai beratraksi. 

“Seru banget liat barongsai yang loncat-loncat. Karnavalnya juga unik-unik banget,” Kata Indah (23) salah satu warga yang menyaksikan acara tersebut.

Jumlah peserta yang mengikuti acara inipun tidak tanggung-tanggung, bahkan menembus hingga ribuan peserta.

“Peserta yang mengikuti acara ini kurang lebih 1500 orang”, Ujar Agus selaku panitia penyelenggara.

Anatomi barongsai Sekeloa terlihat lebih sederhana dibandingkan barongsai dari China. Barongsai sendiri adalah tarian tradisional China dengan menggunakan sarung yang menyerupai singa. Barongsai memiliki sejarah ribuan tahun. Catatan pertama tentang tarian ini bisa ditelusuri pada masa Dinasti China sekitar abad ke tiga sebelum masehi.

Acara ini diselenggarakan guna untuk melanjutkan, mengembangkan, dan melestarikan kebudayaan leluhur.

Seleuruh peserta karnaval menempuh jalan hingga 2 km dengan dimulai menelusuri jalan Sekeloa – FKG – Tubagus – Dipatiukur – Monument – Haurpancuh – Sukasari – dan terakhir kembali ke Sekeloa.

Reporter : Reta Herena W./Jurnalistik/1144050104

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio