x
BREAKING NEWS

Jumat, 01 Juli 2016

Workshop di UIN Bandung Rekomendasikan Konstruksi Dakwahgrafi



DAKWAHPOS.COM - Bandung Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri SunanGunung Djati (FDK UIN SGD) menyelenggarakan acara dan buka bersama untuk dosen FDK. Acara tersebut bertepatan di Gedung Fak. Dakwah dan Komunikasi lt. 4, Kamis, siang (30/06/2016) dengan megusung tema Workshop : Penyusunan Peta Dakwah. Sebagai narasumber, Drs. H. Chatib Saefullah, M.Ag. memaparkan materinya mengenai 'Suatu Rekomendasi untuk Mengkonstruksi Dakwahgrafi' di workshop tersebut.Beliau sendiri merupakan salah satu dosen dari FDK.

Workshop tersebut digelar untuk memahami dakwah dan perumusan ilmu dakwah secara deduktif kepada para dosen yang punya konsen dalam pengembangan ilmu dakwah secara khusus.

"Teori-teori dirumuskan berdasarkan hasil kajian terhadap teks. Terhadap dakwah sendiri berasal dari istilah Qur'an dipahami dakwah itu berdasarkan Qur'an dan Hadits, lalu di lapangan dakwah itu sesuatu yg realitas sosial, sesuatu yg berjalan di dalam kehidupan," ujar Chatib Saefullah dalam memberikan materinya.

Workshop ini dimaksudkan untuk melacak posisi Ilmu Dakwah dalam struktur pembagian ilmu yang telah disepakati, yaitu ilmu kealaman, ilmu sosial, dan humaniora dengan melakukan stretegi mengenali hakikat dakwah, mengemukanakan keharusan usaha menemukan bahan-bahan kajian empiris dan memberikan gambaran deskriptif tentang dakwah yang selanjutnya menjadi bahan mengkonstruksi dakwahgrafi.

Chatib mengatakan, "Sekarang kita ingin melahirkan teori-teori dakwah dari bawah secara empiris. Dakwahgrafi adalah penjelasan-penjelasan secara lapangan bagaimana dakwah itu. Penjelasan-penjelasan secara empirik mengenai dakwah itu apa. Nah setelah ini akan ada usulan-usulan dan rekomendasi-rekomendasi bagi pengembangan ilmu dakwah yang nantinya akan ditangkap oleh fakultas sebagai lembaga dan kemudian dijadikan sebuah

Reporter : Reta Herena W.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio