x
BREAKING NEWS

Jumat, 01 Juli 2016

Dosen Dakwah UIN Bandung Kembangkan Dakwahgrafi


DAKWAHPOS.COM-Bandung, Dalam bulan ramadan kali ini, Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengundang seluruh dosen dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi untuk menghadiri Workshop Penyusunan Peta Dakwah pada hari Kamis (30/06/16). Acara tersebut dilaksanakan di aula Fakultas Dakwah dan Komunikasi dan dimulai sejak pukul 13.00 sampai dengan pukul 17.45 WIB.

Dalam suatu penyampaian materi yang dipandu oleh Wakil Dekan 1, Dr. H. Enjang AS, M.Ag., M.Si., salah satu narasumber yaitu Drs. H. Chatib Saefullah, M. Ag menyampaikan sebuah materi yang sangat penting yaitu Konsep dan Kerangka Dasar Penyusunan Peta Dakwah. Tujuan beliau membahas hal tersebut karena ingin adanya pengembangan lebih lanjut mengenai ilmu dakwah. Dan salah satu upaya untuk itu adalah melalui dakwahgrafi.

"Dakwah sebagai sebuah realitas dan fenomena sosial, itu belum diteliti secara intensif untuk melakukan teori-teori dakwah. Sekarang kita ingin melahirkan teori dakwah itu dari bawah atau dari lapangan. Yang sebelumnya sudah dijabarkan dari atas seperti melihat pengertian dakwah dari Al-Qur'an atau Al-Hadits. Agar ketemu ditengah-tengah. Salah satu upaya untuk menemukan itu adalah dengan dakwahgrafi. Dakwahgrafi adalah penjelasan secara empirik mengenai dakwah itu apa." Ujar beliau saat ditemui tim liputan di ruang senat usai menyampaikan materinya.

Menurutnya, dosen-dosen yang menghadiri acara workshop tersebut adalah dosen yang memiliki concern dalam bidang pengembangan ilmu dakwah. Beliau juga berharap setelah adanya kegiatan workshop ini, akan ada usulan dalam pengembangan ilmu dakwah. "harapannya akan ada rekomendasi dan usulan untuk pengembangan ilmu dakwah. Rekomendasi-rekomendasi ini nanti ditangkap oleh fakultas sebagai lembaga, dan kemudian dijadikan sebagai sebuah rencana kegiatan." Pungkasnya.

Reporter: Zantina Isaura Kirana

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio