x
BREAKING NEWS

Sabtu, 17 Oktober 2015

Guru Masjid At-Taqwa Kembangkan Metode Mengaji

DAKWAHPOS.COM,Bandung--  Hampir setiap hari setelah ba'da Maghrib anak-anak Masjid At-Taqwa RT02/RW 13 Antapani Bandung belajar mengaji. Belajar mengaji dianggap salah satu hal terpenting setelah belajar di sekolah. Selain pendidikan formal anak-anak juga harus mulai diperkenalkan agama sejak kecil. Walaupun dalam prakteknya sangat sulit karena naluri anak-anak seusia ini sangat senang bermain.

Setiap guru menurut Hermi (60), salah seorang guru di Masjid At-Taqwa, pasti menginginkan semua muridnya baik. Namun, melihat kondisi latar belakang keluarga yang berbeda-beda tentunya guru tidak bisa menyamakannya. "Melihat kondisi anak-anak yang bermain-main saat belajar tentunya itu menjadi tantangan tersendiri bagi saya, perlu kesabaran dan waktu untuk menghadapinya," ujar Hermin.

Karena kondisi itu ia menemukan metode yang tepat yang dapat digunakan untuk mengajar. Ia harus mengenali sifat dan karakter tiap anak, juga menerapkan metode yang berbeda pada setiap anak disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. "Misalnya pada anak yang dianggap sulit untuk diatur kita harus menegurnya dengan keras namun tidak kasar agar ia  mengerti apa yang diterangkan begitupun sebaliknya," ujar Hermi.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Dede Yustiawati (45), salah seorang guru. Di usia kisaran 6-10 tahun menurutnya, merupakan umur anak di mana daya ingat mereka masih kuat. Ia memanfaatkan metode menghafal dalam mengajar. Misalnya saat menghafal surat, ia mengucapkan satu kali dan anak-anak mengulangi dua kali hingga anak-anak hafal. Kemudian dalam belajar ia juga tidak benyak menulis karena itu dianggap membosankan bagi anak-anak. Setiap minggu ia selingi dengan bernyanyi, namun bukan sekedar bernyanyi, liriknya diganti kata-kata dalam bahasa Arab.

"Yang saya tekankan adalah anak-anak mampu mengaji dan menghafal surat-surat pendek," ujar Dede. Ia mengharapkan penyesuaian metode dalam belajar ini mampu meningkatkan kualitas anak dan memotivasi mereka agar terus belajar mengaji.

Reporter : Indah Purnama Putri/ KPI 3B/1144020081

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio