Guru Madrasah At-Taqwa Terapkan Metode Mengaji Sesuai Kondisi Anak

DAKWAHPOS.COM,Bandung--  Hampir setiap hari setelah ba'da Maghrib anak-anak belajar mengaji yang diadakan di Masjid At-Taqwa RT02/RW 13 Antapani, Bandung. Belajar mengaji merupakan salah satu hal terpenting setelah belajar di sekolah. Karena selain perlu diajarkan pelajaran formal anak-anak harus sudah mulai diperkenalkan mengenai agama sejak kecil. Walaupun dalam prakteknya sangat sulit karena naluri anak-anak seusia ini sangat senang bermain.

Setiap guru pasti menginginkan semua muridnya baik, namun melihat dari kondisi latar belakang keluarga yang berbeda-beda tentunya kita sebagai guru tidak bisa menyamakannya. Dan melihat kondisi anak-anak yang bermain-main saat belajar tentunya itu menjadi tantangan tersendiri bagi saya, perlu kesabaran dan waktu untuk menghadapinya. Namun darisana saya menemukan metode yang dapat digunakan saat saya mengajar, pertama saya harus mengenali sifat dan karakter tiap anak,kemudian saya  melakukan cara yang berbeda pada setiap anak disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Misalnya pada anak yang dianggap sulit untuk diatur kita harus menegurnya dengan keras namun tidak kasar agar ia  mengerti apa yang diterangkan begitupun sebaliknya," ujar Hermi salah satu Guru mengaji (60).

Diusia kisaran 6-10 tahun merupakan umur-umur dimana daya ingat anak masih kuat. Disitu saya memanfaatkan metode menghafal dalam mengajar. Misalnya saat menghafal surat, saya mengucapkan satu kali dan anak-anak mengulangi dua kali hingga anak-anak hafal. Kemudian dalam belajar ini saya tidak benyak menulis karena itu dianggap membosankan bagi anak-anak. Kemudian di setiap minggunya saya selingi dengan bernyanyi,namun bukan sekedar bernyanyi karena dalam  nyanyian itu lyricnya diganti menjadi kata-kata dalam bahasa Arab. Jadi yang saya tekankan disini adalah anak-anak mampu mengaji dan menghafal surat-surat pendek," ujar Dede Yustiawati salah satu Guru mengaji (45). Diharapkan dengan penyesuain metode dalam belajar ini mampu meningkatkan kualitas seorang anak. Dan menjadi motivasi agar anak-anak terus mengikuti belajar mengaji ini.

Reporter : Indah Purnama Putri/ KPI 3B/1144020081



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Beri komentar secara sopan

© Vokaloka 2023