x
BREAKING NEWS

Rabu, 30 September 2015

Usai Shalat Idul Adha, Warga Bojong Bersalaman Sepanjang Jalan Kampung

DAKWAHPOS- Bandung, Pelaksanaan  shalat Ied di kampung Bojong Desa Sukamukti kecamatan Katapang dilakasanakan dengan begitu hikmat.  Namun karena banyak nya jemaah, tempat yang disediakan panitia pun tidak memadai. Masjid yang terletak di kampung Bojong Desa Sukamukti kecamatan Katapang merupakan masjid yang  cukup besar. Selain masjid ini hanya ada mushola yang bisa digunakan warga kampung untuk shalat.

Padatnya jemaah yang melaksanakan shalat Ied menghasilkan satu tradisi unik yang mungkin tidak di temukan di kampung lain yaitu dalam rangkaian salam salaman jika di masjid pada umumnya acara salam salaman dilakukan di dalam masjid lain hal nya dengan di kampung Bojong. Usai melaksanakan sholat Ied Jemaah yang mayoritas terdiri dari ibu-ibu  berbaris satu barisan panjang di sepanjang jalan kampung. Mereka dibagi menjadi dua bagian yaitu jemaah laki-laki dan jemaah perempuan  barisan jemaah yang hampir memanjang hampir sampai RT lain. Sambil bersalaman mereka juga saling bercengkrama dan bercanda ria diantara sesama jemaah.

Menurut Ustad Adam, salah satu tokoh di kampung Bojong, tradisi ini telah ada sejak 2002.
"Mulanya banyak pendatang dari desa lain ataupun dari kota.  Awalnya tradisi ini dilakukan secara melingkar di lapang di depan masjid namun seiring dibangunnya madrasah di depan masjid tradisi salam salaman ini jadi memanjang mengikuti jalan di kampung." Katanya.

Bagikan

Posting Komentar

 
Since © 2015 DAKWAHPOS - Media Dakwah Islam Aktual.
Webdesign by Skumfuk Design Studio